Kalender pendidikan
Kontak Kami

SMA Negeri 1 Kota Bekasi

Jl. KH. Agus Salim No.200, Bekasi Jaya,Kota Bekasi
Jawa Barat 17112
Email: info@sman1bekasi.sch.id

Phone : (021) 8802538
Fax: -
BERITA
Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
02 October 2017, 03:00 - admin

Senin 2 Oktober 2017, pukul 07.00 WIB, bertempat di lapangan SMAN 1 BEKASI, telah dilaksanakan upacara peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh pada hari Minggu, 1 Oktober 2017. Bertindak sebagai pembina Upacara, Kepala sekolah SMAN 1 BEKASI, Bapak Drs. H. Mawar, M.Pd.

Petugas upacara adalah kelas X IPA 3 dengan pemimpin Upacara R. Kesawa Raafi Harjuno.
Dalam pelaksanaan upacara tersebut, pembina upacara menyampaikan bahwa tanggal 1 Oktober merupakan salah satu hari bersejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia. Pada hari itu, bangsa Indonesia berhasil mempertahankan ideologinya seetelah pada tanggal 30 September 1965 terjadi insiden yang dinamakan G-30-S-PKI.

Insiden ini sendiri masih menjadi perdebatan ditengah lingkungan akademis mengenai siapa penggiatnya dan apa motif di belakangnya. Akan tetapi, pihak militer dan kelompok keagamaan terbesar saat itu menyatakan bahwa insiden tersebut merupakan usaha PKI mengubah ideologi Pancasila menjadi ideologi komunis. Pada peristiwa yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta tersebut, gugur enam Jenderal dan 1 Kapten serta beberapa orang lainnya, yang kemudian dikenal sebagai Pahlawan Revolusi. Keenam Jendral yang gugur tersebut adalah; Letjen TNI Ahmad Yani, Mayjen TNI Raden Suprapto, Mayjen TNI Mas Tirtodarmo Haryono, Mayjen TNI Siswondo Parman, Beigjen TNI Donald Isaac Panjaitan, dan Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo. Jendral TNI Abdul Harris Nasution yang menjadi sasaran utama, selamat dari upaya pembunuhan tersebut. Tetapi, putrinya Ade Irma Suryani Nasution dan ajudan beliau, Lettu CZI Pierre Andreas Tendean gugur dalam insiden tersebut. Para korban kemudian dibuang ke suatu lokasi di Pondok Gede, Jakarta Timur yang dikenal sebagai Lubang Buaya. Mayat mereka ditemukan pada 3 Oktober 1965.
Gejolak yang timbul akibat gerakan G-30-S-PKI ini pada akhirnya berhasil ditumpas oleh pemerintah Indonesia maka ditetapkanlah tanggal 30 September sebagai hari Peringatan Gerakan 30-S-PKI dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai hari Kesaktian Pancasila.

Dengan memahami makna hari Kesaktian Pancasila ini, semoga kita sebagai bangsa Indonesia semakin cinta akan dasar Negara kita yaitu Pancasila dan mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga sebagai pengingat sejarah agar tidak terulang lagi di bumi Pertiwi Indonesia. Serta tidak lupa dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika kita tetap menjaga rasa persatuan dan kesatuan bangsa agar Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap jaya.

Pahlawanku,
Ke manapun aku mengayuh, Pancasila kan kupegang teguh
Ke manapun aku pergi, Pancasila kan kujunjung tinggi
Meski sejengkal kenangan memudar
Namun segenggam harap manismu terdengar
Parfum Jenderal memang harum, tapi mengalahkan bau anyir darah
Merah putihmu engkau persembahkan untuk anak cucumu
Memurnikan dalam kenangan bangsa
Memutihkan langit untuk kita
Dan yang memerahkan tanah untuk Indonesia
Kami pemuda Indonesia
Terus berjuang menjunjung tinggi namamu
Meneriakkan serta menjalankan pancasila satu pedomanku
Bagimu Negeri, jiwa raga kami, NKRI harga mati!

(AJ)